Tuesday, August 27, 2013

Resensi Buku - Rezeki Itu Misteri, Mati Itu Pasti

BERKELIMPAHAN REZEKI. Bagaimana Itu Bisa Terjadi? 

Setiap kita pasti mendambakan kehidupan yang bahagia, di dunia maupun di akhirat. Bahagia di dunia karena kita memiliki kehidupan yang berkelimpahan. Bahagia di akhirat karena kita mempunyai amal yang menyelamatkan. Itulah intisari yang ingin disampaikan oleh sang penulis, Ali Akbar, dalam buku yang hadir di tengah-tengah sidang pembaca ini.

Ali Akbar dikenal bukan hanya sebagai pakar marketing di SEO, tapi juga pakar membuat banyak orang kepincut bahkan mungkin klepek-klepek lewat tweet-tweet spiritualnya dalam akun Twitter miliknya, @PakarSEO. Anda bisa membuktikannya, saat menikmati bacaan dalam buku ini.


Dia menceritakan latar belakang penulisan buku motivasi Islam yang menguak tentang misteri rezeki ini. Mulanya, Ali Akbar bersama sahabat memang terus mengejar rezeki di dunia ini hingga suatu hari sang sahabat pergi menghadap Ilahi. Jujur, ada beberapa impiannya yang juga merupakan impian bersama harus kandas karena kepergian sahabat itu. Di situlah dia memahami kalimat Rezeki Itu Misteri, Mati Itu Pasti, yang kemudian menjadi judul dalam bukunya. Momen itulah yang membekaskan dalam hatinya, saat dia kehilangan beberapa orang yang dia sayangi dalam hidupnya, mereka telah pergi menuju kehidupan abadi bernama kematian.

Pengalaman rohani itulah yang seakan-akan dia telah menemukan makna kehidupan yang sesungguhnya. Ternyata, saat lebih mempersiapkan kematian, dia merasa malah hidup dalam keberlimpahan. Kita tidak pernah tahu, kapan Allah Swt mengaruniakan rezeki kepada kita, karena rezeki memang bertabur misteri. Pun kita tidak bisa menghindar atau sekadar menolak kematian yang merenggut orang-orang yang kita cintai, atau bahkan menunggu giliran kita, karena kematian itu pasti datangnya, kapan dan di mana pun kita berada.

Rezeki Itu Misteri, Mati Itu Pasti; bagaimana kita mengoptimasi diri agar terampil menjemput rezeki yang berkelimpahan demi keindahan saat kematian. Persiapkan kematian, hidup kita malah berkelimpahan. Bagaimana itu bisa terjadi? Anda bisa menemukan jawabannya dalam buku ini.

Beberapa tema penting yang diulas di buku ini, antara lain: 5 Rumus Bahagia Dunia Akhirat; Pahlawanku Keluargaku; Optimalkan Hidup, Persiapkan Kematian; Kekayaan Sesungguhnya adalah Kesederhanaan; Langgar Kebenaran, Jalan Hidup Jadi Sempit.

Penulis memberi intisari pembahasan dalam buku ini dalam ungkapan: bekali jiwa untuk menyambut maut dengan senyuman dan keikhlasan, karena kematian pasti datang, kapan dan di mana pun kita berada. Sekali lagi, mati itu pasti, sepasti-pastinya rezeki yang menjadi misteri. Ingatlah kematian agar kita lebih terampil untuk menghiasi diri dengan kemuliaan. Ingatlah kematian agar kita pintar menata hati dengan ketakwaan. Ingatlah kematian agar kita lebih pandai mengisi jiwa dengan ketawadhuan.

Rezeki Itu Misteri, Mati Itu Pasti adalah semangat hidup penulis, tentu ini juga bisa menjadi semangat hidup yang Anda pegang. Sehingga kita senantiasa bersyukur atas segala karunia dan nikmat-Nya, dan terus berikhtiar menuju hidup berkelimpahan agar menjadi pribadi yang baik dan manfaat.

Judul : Rezeki Itu Misteri, Mati Itu Pasti
ISBN : 978-602-9255-30-0
Penulis : Ali Akbar
Diterbitkan : Penerbit Mizania, PT Mizan Pustaka
Cetakan I : Januari 2013
Jumlah Halaman : 200 halaman
Jenis Cover : Soft Cover
Dimensi : 14,5 x 19 cm

Suro Prapanca 
Bandung, Jumat 23 Agustus 2013
Dimuat juga di INILAHKORAN, Minggu 25 Agustus 2013

No comments: