Monday, May 5, 2014

Resensi Buku: CROSSROAD

Resensi Buku: CROSSROAD
Judul Resensi Buku:
Tentang Road Trip, Toraja, dan Pilihan Hati

(Resensi Buku: Crossroad) -- SEBELUMNYA, Crossroad adalah cerita bersambung dengan judul 4 Hari untuk Selamanya yang ditulis dalam blog Merry go Round, milik sang penulis, Rossa Indah. Kemudian, menurut Rossa, datang sebuah kejutan menyenangkan ketika Penerbit Mizan bersedia menerbitkan cerita perjalanannya dalam bentuk buku.

“Alhamdulillah, terima kasih, Tuhan, karena kejutan yang selalu Kau berikan dalam setiap hal yang saya lakukan. Saya selalu percaya kata-kata Andrea Hirata: ‘Berkaryalah, karena karya itu yang akan menemukan jalannya sendiri.’ Dan itu, benar adanya,” ungkap Rossa. Sehingga, sampailah memoar traveling ini di tangan Anda, pembaca, silakan menikmati sajian Best-seller Book ini.


Bermula dari kondisi Rossa yang gerah dan lelah dengan rutinitas dan suasana Jakarta. Yang akhirnya, dia memutuskan untuk berlibur. Bersama Teddy, blogger yang baru bertemu beberapa kali dengannya, mereka awalnya hanya berencana menghabiskan waktu empat hari liburan dengan berwisata ke Toraja dan menjelajahi Makassar. Rencana perjalanan ala backpacker seketika berubah ketika Teddy mendapat pinjaman mobil dari bosnya. Dia menyarankan satu ide baru: road trip berkendara ke Toraja dari Makassar menggunakan mobil pinjaman.

Dalam perjalanan panjang Makassar-Toraja, terentang banyak waktu yang harus dibunuh dengan obrolan. Topik tentang kehidupan, mimpi, cita-cita, kenakalan, dan cinta memancing percakapan seru, perdebatan, dan pertukaran mindset. Keduanya tak menyangka bahwa percakapan sepanjang perjalanan itu akan berujung pada sebuah kontemplasi diri. Seiring banyaknya hal yang diobrolkan, Rossa dan Teddy juga semakin jujur satu sama lain.

Toraja ternyata malah tak menjadi poin utama perjalanan mereka. Cerita ini tidak hanya berkisah tentang perjalanan menuju Toraja. Dalam memoar ini, pembaca diajak ikut bertualang di dalam mobil, merasakan langsung keindahan alam Sulawesi Selatan, melihat eksotisme budaya kuno Toraja yang masih bertahan hingga kini, dan ikut merenung sesaat mengenai hidup lewat percakapan yang mengalir di antara Rossa dan Teddy. Tapi, lantas bagaimana kelanjutan hubungan mereka? Selamat membaca. Resensi buku ini juga dimuat di harian Inilah Koran. (Peresensi Buku: Suro Prapanca)

Judul : CROSSROAD
ISBN : 978-602-1637-23-4
Penyusun : Rossa Indah
Penerbit : Qanita, PT Mizan Pustaka
Cetakan : Februari, 2014
Jenis Cover : Soft Cover
Tebal : 336 halaman
Dimensi : 13 x 20,5 cm
Kategori : Memoar/Traveling

Dimuat juga di INILAH KORAN, Minggu 6 April 2014

No comments: