Saturday, October 10, 2015

Resensi Buku: Negeriku; Musibah & Konflik yang Berkepanjangan

Judul Resensi Buku:
Kependudukan, Kunci Sukses Pembangunan

(Resensi Buku: Negeriku; Musibah & Konflik yang Berkepanjangan) -– SALAH Satu kunci sukses pembangunan adalah bagaimana menggerakkan secara optimum potensi sumber daya manusia. Dunia global dengan batas dan sekat yang semakin abstrak, membuat Indonesia sangat rentan terhadap berbagai pengaruh dari luar. Dalam konteks ini, pembangunan sumber daya manusia Indonesia menjadi skala prioritas yang tidak bisa ditunda.

Buku yang sekarang berada di tangan Anda ini adalah buah karya Soeroso Dasar. Pikiran dan perasaannya galau melihat negeri tercinta, yang tak kunjung sembuh didera masalah dan konflik yang berkepanjangan. Buku ini adalah refleksi batin Soeroso ketika mencermati keadaan negeri tempatnya bernaung hidup. Baca juga ulasan buku-buku yang ditulis penulis yang juga peneliti di bidang kependudukan ini di blog Best-seller Books.

Indonesia menurut Soeroso telah “diurus” dengan cara yang kurang tepat, karena terlalu mengedepankan konsep pembangunan dengan cara kerja Otak Kiri. Kecerdasan Otak Kiri yang hanya mampu pada tataran keahlian semata, justru menjadi “kanker” yang menggerogoti kesehatan negeri. Konsep kecerdasan Otak Kanan yang mengandung muatan nilai-nilai kearifan, ketekunan, kerja keras, kejujuran, refleksi budaya yang adiluhung, dan lainnya justru terabaikan.

Melalui resensi yang ditulis oleh Suro Prapanca ini, disampaikan bahwa Soeroso Dasar dalam tulisannya menekankan pada kekuatan nurani sebagai senjata yang ampuh bagi setiap manusia untuk membuat perubahan ke arah yang lebih baik. Buku ini patut dibaca sebagai salah satu referensi untuk memperkaya wawasan dan mengasah kepekaan sebagai warga negara yang turut bertanggung jawab dalam bergulirnya proses pembangunan di negeri ini, Indonesia tercinta. Selamat membaca! Resensi buku ini juga dimuat di harian umum Inilah Koran.

Judul : Negeriku: Musibah & Konflik yang Berkepanjangan
ISBN : 978-979-3985-09-7
Karya : Soeroso Dasar
Diterbitkan : Penerbit Unpad Press
Cetakan I : Juli 2007
Tebal : 118 halaman
Jenis Cover : Soft Cover
Dimensi : 15 x 21 cm

No comments: