Sunday, October 11, 2015

Resensi Buku: Driving Honda

Judul Resensi Buku:
Apa Rahasia Sukses Honda?

(Resensi Buku: 
Driving Honda) -- Sejak berdiri pada 1949, Honda telah berkembang menjadi produsen mobil terbesar kelima di dunia dan produsen sepeda motor nomor satu di dunia, dan dikenal sebagai salah satu perusahaan yang paling inovatif. Apa rahasianya?

Menurut sang penulis, Jeffrey Rothfender, yang membedakan Honda dari pesaingnya di Jepang maupun di ajang internasional adalah seperangkat prinsip manajemen yang tak biasa. “Honda Way” mencakup sesentralisasi, bukan kendali kantor pusat; kebebasan litbang, bukan sekadar efisiensi; kesetaraan bagi gagasan semua orang, bukan struktur organisasi bertingkat; dan keberanian mempertanyakan kembali apa yang dianggap sudah biasa. Itu baru sebagian dari gagasan-gagasan yang ditanamkan Soichiro Honda, sang pendiri Honda, dalam DNA perusahaannya. Benar-benar inspiratif sang tokoh pendiri Honda ini, ayo baca lagi tokoh-tokoh inspiratif melalui buku di blog Best-seller Books.

Buku “Diriving Honda” sendiri merupakan buku yang ditulis Jeffrey Rothfeder setelah menulis tiga buku-bukunya yang fenomenal. Dia ialah wartawan veteran pemenang anugerah dan mantan pemimpin redaksi International Business Times. Dia telah menulis banyak buku, termasuk “McIlhenny’s Gold”, “Every Drop for Sale”, dan “Privacy for Sale”. Dia pernah menjadi redaktur berita nasional di Bloomberg News, pemimpin redaksi PC Magazine, redaktur eksekutif Time Inc, dan redaktur Businessweek. Dia tinggal di Cortlandt Manor, New York.
Anda bisa membaca resensi yang ditulis Suro Prapanca ini sebelum membaca bukunya. Yaitu, buku setebal 319 halaman yang diterjemahkan oleh Ratu Mia Damayantie dari judul asli “Driving Honda” ini terdiri atas 10 bagian. Diawali dengan Honda yang Unik dalam bagian 1. Kemudian Bagian 2 Aroma Minyak; Bagian 3 Prinsip #1: Menyambut Paradoks; Bagian 4 Prinsip #2: Tempat Nyata, Bagian Nyata, Pengetahuan Nyata; Bagian 5 Prinsip #3: Menghormati Individualisme; Bagian 6 Pabrik Honda yang Khas; Bagian 7 Mesin Inovasi Honda; Bagian 8 Rantai Pemasok yang Tidak Biasa; Bagian 9 Multinasional Lokal; dan Bagian akhir (10) Suatu Manifesto Manufaktur.

Keunikan Honda dalam meraih kesuksesannya, terungkap dari awal kisah yang disampaikan di permulaan bab/bagian. Digambarkan, bagaimana sebagian orang yang hadir pada acara peletakan batu pertama pembangunan pabrik di area seluas 526 hektare di Loncoln, kota kecil di Alabama timur yang kala itu berpenduduk kurang dari 4.500 orang. Kala itu April 2000. Mungkin, sebagian orang yang hadir itu sama berkomentar bahwa Soichiro Honda mungkin sedang gelisah di dalam kuburnya – atau paling tidak sedang mengumbar gerutuan kasar.

Saat itu, kabar bahwa Honda berekspansi sampai ke Alabama menjadi berita utama di seluruh dunia. Dan muncul juga pertanyaan, apa dan di mana itu Lincoln? Padahal, produsen otomotif lain yang sudah membangun pabrik di kota-kota Amerika Serikat selatan – di antaranya, Mercedes, Toyota, Nissan, dan Hyundai—memilih kota-kota besar seperti Smyrna, Tennessee, dan kalau pun di negara bagian Alabama, mereka lebih memilih kota Huntsville, Montgomery, dan Tuscaloosa.

Jadi, kenapa Honda lebih memilih Lincoln? Jawabannya, dengan membaca buku Jeffrey Rothfeder ini, pembaca akan disuguhi kisah jatuh bangunnya Honda menggapai kesuksesan. Oleh karena itu, bagi Anda pembaca yang ingin mengetahui rahasia Honda agar menjadi perusahaan yang inovatif dan sukses melakukan strategi lokalisasi di berbagai negara? Semua diungkap dalam buku ini. Selamat membaca! Resensi buku ini juga dimuat di harian umum Inilah Koran.

Judul : Driving Honda: Rahasia Perusahaan Otomotif Paling Inovatif Sedunia
ISBN : 978-979-91-0894-4
Penulis : Jeffrey Rothfeder
Penerjemah : Ratu Mia Damayantie
Diterbitkan : Kepustakaan Populer Gramedia
Cetakan I : Juli 2015
Tebal : 319 halaman
Jenis Cover : Soft Cover
Dimensi : 19 x 24 cm

No comments: