Sunday, June 28, 2015

Resensi Buku: Kamus Hubungan Internasional

Judul Resensi Buku:
Memahami Interaksi Lintas Negara dengan KHI

(Resensi Buku: Kamus Hubungan Internasional) -- HUBUNGAN Internasional di era global sekarang ini menjadi relasi tak terbantahkan dalam hidup berbangsa dan bernegara di tengah-tengah pergaulan jagat raya ini. Tiap-tiap negara diwakili oleh individu maupun oleh diplomat yang memang diutus negara untuk menyambung persahabatan maupun pergaulan dengan negara tetangga, regional maupun internasional.

Untuk mengetahui lebih atau ingin lebih tahu hal ihwal hubungan internasional, Khasan Ashari --yang telah bergabung dengan Kementerian Luar Negeri RI dari tahun 2000 dan dalam penugasannya pernah menangani isu-isu bilateral maupun multilateral—kali ini menghadirkan kepada pembaca salah satu upaya untuk lebih mengetahui dunia diplomasi ini dengan menghadirkan buku “Kamus Hubungan Internasional” atau KHI. Akan menjadi best-seller books untuk mengenal lebih hal-ihwal diplomasi dengan masyarakat dunia.

Baik sebagai disiplin ilmu maupun dalam konteks kehidupan sehari-hari, hubungan internasional bersifat kompleks dan dinamis. Kompleks karena melibatkan banyak aktor dengan beragam kepentingan, dinamis karena yang menjadi pokok bahasan terus berkembang. Sifat hubungan internasional yang kompleks ini melahirkan beragam konsep dan terminologi yang sebagian hanya digunakan dalam diskusi kelas, dan sebagian besar justru muncul di pemberitaan media dan perbincangan sehari-hari.

Melalui buku KHI yang diterbitkan oleh Penerbit Nuansa ini, akan menambah pemahaman pembaca mengenai konsep dan terminologi tersebut. Tentu saja, hal itu akan berperan penting dalam membantu Anda memahami fenomena hubungan internasional. Oleh karena itu, Kamus Hubungan Internasional ini disusun berdasarkan pemikiran tersebut dan keprihatinan akan masih sedikitnya buku penunjang studi hubungan internasional.

Proses penyusunan buku ini juga istimewa karena diselesaikan oleh penulis saat sedang bertugas di Wina, Austria. Kota yang memiliki sejarah panjang sebagai tempat berkembangnya praktik diplomasi modern. Wina juga memiliki peran penting dalam hubungan internasional sebagai salah satu lokasi kantor organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Diketahui dari resensi yang ditulis Suro Prapanca ini bahwa KHI ini memuat lebih dari 1.350 konsep dan terminologi di bidan hubungan internasional, diplomasi, dan politik luar negeri. Penulis menjadikan literatur hubungan internasional sebagai rujukan dipadukan dengan pengalaman dalam dunia diplomasi selama kurang lebih sepuluh tahun. Penjelasan setiap entri disusun dengan bahasa yang mudah dipahami.

Harapannya, KHI ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dalam memahami fenomena hubungan internasional yang pada satu sisi semakin sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, namun pada sisi lain juga memiliki karakteristik yang semakin kompleks. Selamat membaca. Resensi buku ini juga dimuat di harian Inilah Koran.

Judul : Kamus Hubungan Internasional
ISBN : 978-602-3500-00-0
Karya : Khasan Ashari
Diterbitkan : Penerbit Nuansa Cendekia
Cetakan I : Februari 2015
Tebal : 488 halaman
Jenis Cover : Soft Cover
Dimensi : 17,5 x 25 cm
Kategori : Kamus

No comments: