Monday, July 14, 2014

Resensi Buku: Islamic Character Building

Menjadikan Muslim Berkarakter Qurani

SALAH Satu tujuan pendidikan --seperti disampaikan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof H Akhmaloka PhD dalam pengantar buku ini-- adalah menghasilkan lulusan yang memiliki karakter kepeloporan dan kemampuan berkompetisi secara sehat dan sportif serta memiliki tanggung jawab dan etika. Tak terkecuali dalam menyampaikan pendidikan agama/etika, pun harus mengambil sebagian tanggung jawab tersebut. Agar lulusannya memiliki kompetensi sesuai tujuan pendidikan yang telah disebutkan di atas, menurut Akhmaloka, perlu dilakukan tiga tahapan sistematis yang kerap dinamakan sebagai konsep BAC, yaitu behavior, attitude, dan culture.


Lebih lanjut Akhmaloka menyampaikan, pendidikan yang diberikan itu, pertama-tama harus dapat mengubah perilaku (behavior), baik karena kesadaran maupun karena keterpaksaan. Tahap selanjutnya, terjadi perubahan sikap (attitude) yang berkesadaran. Kemudian, setelah mengalami perubahan perilaku dan sikap berkesadaran, maka kelak akan terwujud budaya (culture) yang baik.

Tujuan pendidikan itulah yang mendasari dalam menghadapi perkembangan kemajuan teknologi informasi di dunia yang semakin pesat dan persaingannya yang semakin ketat sekarang ini. Untuk menghadapi tantangan zaman tersebut, kita harus menjadi pribadi yang berkualitas prima dalam aspek spiritual dan jasmani. Pertanyaannya, persiapan apa yang harus dilakukan seorang Muslim untuk menjadi pribadi yang prima tersebut?

Sesungguhnya untuk melaksanakan tugasnya, manusia telah dibekali pedoman hidup (Alquran dan hadis). Islam mengajarkan kita untuk menjadi hamba yang saleh dan manusia yang cerdas dalam memanfaatkan berbagai karunia dari Allah Swt.

Buku karya Dr Asep Zaenal Ausop MAg (dosen mata kuliah Agama Islam di ITB) ini mengurai banyak hal yang mampu menjadikan seorang Muslim berkarakter Qurani (Quranic character), seperti Islam sebagai way of life yang diwajibkan Allah kepada manusia; Hakikat manusia: siapa manusia itu, tujuan hidup manusia, dan tugas manusia dalam kehidupan; Aturan hukum yang harus dipahami manusia dalam bertugas sebagai khalifah fil ardh; Etika manusia kepada Sang Pencipta, sesama manusia, dan makhluk lainnya; Panduan membangun peradaban dengan ilmu agama dan ilmu sains.

Membaca buku Islamic Character Building sampai tuntas akan mengobati dahaga Anda akan informasi mengenai pribadi Muslim yang prima. Pribadi Insan Kamil yang mampu menjadi hamba yang saleh, manusia yang berbudi pekerti luhur, dan manusia yang memanfaatkan teknologi demi kebaikan bersama.

Buku setebal 464 halaman ini akan mengubah paradigma berpikir Anda, mengoreksi Islam persepsi menuju Islam ilmu, serta insya Allah akan membuka cakrawala Anda tentang khazanah ilmu Islam, serta meningkatkan iman dan amaliah. Buku ini pun akan membantu anda menjadi Muslim tauhidullah, beribadah sesuai sunah Rasulullah saw dan berkarakter Qurani. Selamat membaca.

Judul : Islamic Character Building
ISBN : 978-602-781-741-8
Penulis : Dr Asep Zaenal Ausop MAg
Penerbit : Salamadani
Cetakan : 2014
Jenis Cover : Soft Cover
Tebal : xviii+646 halaman
Dimensi : 15 x 23 cm 

No comments: