Monday, July 14, 2014

Resensi Buku: 20 Pesepak Bola Muslim Hebat Dunia

Pesepak Bola Muslim di Piala Dunia 2014

DEMAM Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Brasil sana, dapat dirasakan bahkan sampai di Indonesia. Bahkan, sekarang sedang panas-panasnya, setelah memasuki babak perdelapan final. Apalagi nanti bila sudah memasuki babak semifinal, dan terakhir pertandingan yang ditunggu-tunggu oleh bermiliar mata di penjuru dunia, Final Piala Dunia tanggal 14 Juli 2014. (Dimenangkan oleh Jerman dengan skor Jerman 1 - 0 Argentina, sampai babak pertambahan waktu, Senin (14/7/2014) dini hari.)

Di antara pemain-pemain sepak bola hebat yang memperkuat tim nasional yang berjibaku di Piala Dunia itu adalah para pesepak bola Muslim. Dalam perjalanannya, hubungan sepak bola dan agama sudah berlangsung sangat lama, biak itu di Asia, Afrika, Amerika, terutama Eropa. Dan yang membuat kita bertanya-tanya adalah, bagaimana para pesepak bola Muslim itu tetap taat menjalankan ritual agamanya di atas lapangan hijau, seperti di Piala Dunia sekarang ini yang berlangsung bersamaan dengan datangnya bulan suci Ramadan. Tentu hal ini juga mengundang banyak pasang mata dan telinga, termasuk Anda pembaca, untuk melirik dan memperhatikan mereka.

Buku 20 Pesepak Bola Muslim Hebat Dunia ini akan memberi dahaga informasi siapa saja sih mereka yang mahir mengolah si kulit bundar, tapi tak malu-malu menunjukkan identitas kemuslimannya di atas panggung sepak bola dunia? Lihatlah kiprah Mesut Ozil, gelandang Timnas Jerman yang sampai sekarang masih berjuang di babak perdelapan final untuk melaju ke babak selanjutnya. Anda mau tahu siapa lagi pesepak bola Muslim hebat lainnya?

Tentu, setelah Anda membaca buku yang menarik dengan gambar-gambar sang bintang full color ini, barulah mengetahui bahwa ternyata bintang sepak bola itu seorang Muslim. Di samping pesepak bola Muslim yang sekarang sedang memperkuat timnasnya di ajang Piala Dunia 2014. Juga, pesepak bola Muslim yang sekarang merumput di liga-liga Eropa, liga sepak bola yang katanya terbaik di seluruh jagat ini.

Ada yang menilai, mereka adalah para “pendakwah di atas lapangan hijau”. Mereka jadi sumber inspirasi tidak hanya bagi kaum Muslim, tetapi juga untuk dunia sepak bola umumnya. Dalam buku ini juga digambarkan bagaimana, beberapa stadion di Inggris misalnya, mulai membangun musala agar para pemain Muslim mereka dapat leluasa menunaikan ibadah salat. Otoritas sepak bola Inggris cukup sensitif dengan meniadakan minuman beralkohol bagi para pemain Muslim saat mereka mendapat suatu penghargaan semisal Man of the Match, tak peduli tradisi itu sudah begitu lama dilakukan. Begitu juga dengan gerakan sujud syukur yang belakangan ini marak dilakukan para pesepak bola di mana-mana.

Dan, banyak lagi kisah inspiratif dari para pesepak bola Muslim hebat yang membuat hubungan sepak bola dan agama menampakkan wajahnya yang baru. Kita tunggu, 20 pesepak bola Muslim hebat dunia ini, yang nanti akan merengkuh mahkota penuh gengsi Piala Dunia 2014? Selamat membaca.

Judul : 20 Pesepak Bola Muslim Hebat Dunia
ISBN : 978-602-241-902-0
Penulis : Arif Rahmadi Haryono & Yugha Erlangga
Penerbit : Erlangga
Cetakan : 2014
Jenis Cover : Soft Cover
Tebal : 170 halaman
Dimensi : 19 x 24,5 cm

No comments: