Tuesday, July 9, 2013

Resensi Buku - GREAT MOMENTS

Great Moment (Ramadan), Great Berkah 

Ramadan sebentar lagi, berdasarkan kalender diperkirakan awal Ramadan tanggal 10 Juli 2013 ini, kita tunggu saja penetapannya oleh Kementerian Agama RI. Sepanjang bulan ini pemeluk agama Islam melakukan serangkaian aktivitas keagamaan termasuk di dalamnya Berpuasa, Salat Tarawih, Meperingati turunnya Alquran, mencari malam Lailatul Qadar, memperbanyak membaca Alquran, dan kemudian mengakhirinya dengan membayar zakat fitrah dan rangkaian perayaan Idul Fitri.

Pada bulan tersebut, Allah melimpahkan banyak karunia kepada hamba-hamba-Nya dengan dilipatgandakan pahala dan diberi jaminan ampunan dosa bagi siapa yang bisa memanfaatkannya dengan semestinya. Seperti ditegaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh HR Bukhari dan Muslim, "Setiap amalan anak Adam akan dilipatgandakan pahalanya, satu kebaikan akan berlipat menjadi 10 kebaikan sampai 700 kali lipat. Allah 'Azza wa Jalla berfirman, ‘Kecuali puasa, sungguh dia bagian-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya, karena (orang yang berpuasa) dia telah meninggalkan syahwatnya dan makannya karena Aku’.”

Berkenaan dengan datangnya bulan yang istimewa tersebut, sungguh Great Moments, buku garapan Ustaz Ahmad Jameel dan Ustaz Syaiful Bahri ini bisa dijadikan panduan kajian harian, khususnya bila diamalkan di bulan yang khusus pula (Ramadan). Buku yang ada di tangan Anda ini berisikan sekumpulan ayat Alquran dan hadis pilihan yang diambil dari berbagai sumber. Yang awalnya merupakan Materi Kuliah Harian di Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an sebagai pengiring Daqu Methode yang bukan hanya dipelajari, melainkan harus jadi ‘pakaian’ para santri, asatidz, staf, karyawan, jemaah, serta siapa pun yang mencari ridha Allah.

Mudah-mudahan buku ini dapat dijadikan panduan kajian harian sehingga salat tepat waktu jadi kebiasaan yang berat kalau ditinggalkan, masjid-masjid para jemaah, qiamulail, dhuha, puasa sunah, dan sedekah jadi tradisi dan pakaian sehari-hari. Membaca Alquran menjadi ‘virus’ yang bertebaran di mana-mana, dan sunah Rasulullah Saw terus membahana di bumi Nusantara. Dengan begitu Allah menurunkan berkah dan rahmat-Nya buat Indonesia.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa ibadah mencakup tiga unsur yang saling terkait dan mesti ada secara bersamaan, yaitu unsur mahabah (cinta), raja’ (harapan), dan unsur khauf (takut). Buku ini mengajak siapa pun yang membaca agar senang beribadah karena cinta kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, karena mengharapkan pertolongan dan ridha-Nya, karena takut akan pedihnya neraka, baik neraka dunia maupun neraka yang sesungguhnya di akhirat kelak.

Banyak ibadah yang ringan dilakukan, tetapi berefek luar biasa buat kita. Semoga kita tidak hanya mengenal ibadah-ibadah tersebut, tetapi menjadi orang yang terdepan untuk melakukannya dan menjadikannya sebagai ‘pakaian’ sehari-hari. Amin Rabbal ‘alamin. Ingatlah! Walaupun ringan, bagaimanakah bila Anda mengamalkannya dalam bulan yang lebih baik dari seribu bulan ini?

Judul : GREAT MOMENTS
ISBN : 978-979-055-455-9
Penulis : Ahmad Jameel & Syaiful Bahri
Editor : Safitri Lusiana D.
Penerbit : Syaamil Book
Cetakan : Maret 2013
Tebal : 266 halaman
Jenis Cover : Soft Cover
Dimensi : 15 x 15 cm
Kategori : Ayat Alquran dan Hadis Pilihan

Suro Prapanca
Dimuat juga di INILAHKORAN, Minggu 7 Juli 2013

No comments: