Sunday, March 24, 2013

Resensi Buku - The Tsunami Effect

Ruang-Inspirasi Temukan Potensi 

Mengapa kalau ingin asin, menggunakan garam? Bila ingin pedas, memakai cabai? Barangkali Anda akan menyadari, betapa mudahnya memasak apa pun setelah memahami setiap kodrat bumbu-bumbu masakan tersebut. Sungguh, sangat mudah dan memudahkan, bukan? “Inilah yang disebut dengan kodrat, sifat asli atau bawaan sejak lahir. Sesuatu yang telah Allah tetapkan kepada setiap makhluk,” ujar sang guru menjawab pertanyaannya yang sengaja diajukan ke sang penulis. “Sekarang, bayangkan kalau kamu sudah menyadari kodratmu, bagaimana rasanya? Beliau jeda sejenak, lalu melanjutkan, “Apakah saat ini kamu sudah menyadari kodratmu?”

Itulah pengalaman batin sang penulis (Rahmadsyah) buku The Tsunami Effect: Bagaimana Membangkitkan Potensi yang Terpendam Menjadi Sebuah Kekuatan Besar. Pertanyaan sang guru yang diajukan ke sang penulis buku di atas, sampai-sampai membuatnya terus merenung dan bermeditasi. Apa sebenarnya anugerah (potensi) yang telah Allah titipkan ke dalam dirinya? Barangkali Anda, sidang pembaca, juga memiliki tanda tanya besar seperti halnya yang pernah dialami sang penulis. Sebelum akhirnya, Rahmadsyah bisa menemukan jawaban tersebut, yang kemudian dituangkannya dalam buku berukuran kecil yang bertebal 248 halaman ini.

Atas dasar alasan pencarian potensi diri itulah, penulis mengajak pembaca untuk menyelesaikan membaca The Tsunami Effect ini dengan seksama. Kunyahlah bab demi bab seperti menikmati makanan kesukaan. Dan, hayatilah secara mendalam, maka Anda akan menyadari betapa pentingnya mengenali potensi diri.

Melalui buku yang diterbitkan Penerbit Salamadani ini, Anda juga akan menemukan langkah-langkah praktis dan sederhana cara membangkitkan dan mengoptimalkan potensi Anda. Walaupun kiat yang disampaikan adalah pengalaman pribadi penulis yang belum tentu cocok untuk Anda. Namun, cocok atau tidaknya belum bisa diketahui sebelum Anda mempraktikkannya, bukan?

Selain itu, disampaikan pula manfaat-manfaat yang dirasakan penulis setelah dapat membangkitkan dan mengoptimalkan potensi dirinya. Bahkan, di tiap akhir bab, penulis menyisipkan rubrik (Rubrik Ruang Inspirasi) yang menceritakan kisah orang-orang yang memanfaatkan seluruh potensi dalam diri mereka. Tentu saja, siapa tahu kisah hidup mereka menjadi motivasi dan inspirasi untuk Anda.

Rahmadsyah benar-benar menulis berdasarkan hal-hal yang dialaminya, terutama setelah mengalami peristiwa Tsunami Aceh 2004. Apa yang ditulisnya dalam buka ini bukan cuma enak untuk dibaca, tetapi juga membangkitkan semangat hidup. Semuanya telah dibuktikannya lewat kehidupan yang telah dia jalani. Buku ini seperti telah menjadi bukti sekaligus catatan pengalamannya dalam mencari jati diri dan potensi dirinya. Sekarang, kembali kepada diri Anda sendiri, sudahkah menemukan potensi diri Anda yang sebenarnya? Buku ini akan membantu Anda menemukan jawabannya.

Judul : The Tsunami Effect: Bagaimana Membangkitkan Potensi yang Terpendam
Penulis : Rahmadsyah
Penerbit : Penerbit Salamadani, PT Grafindo Media Pratama
Cetakan : September 2012
Halaman : 248 halaman
Jenis Cover : Soft Cover
Dimensi : 12 x 19 cm
Kategori : Mind Therapy

Bandung, 15 Maret 2013
Suro Prapanca


Dimuat juga di INILAHKORAN, Minggu 17 Maret 2013

No comments: