Sunday, June 23, 2013

Resensi Buku - HADIAH DARI SANG GURU

Lakukan dan Kerjakan, Allah yang Menyempurnakan 

Langkah boleh salah, tapi niat tidak boleh salah. Allah akan menunjukkan jalan buat kita,” demikian nasihat guru sang penulis, yang tak lain adalah Ustaz Yusuf Mansur, yang senantiasa memberi motivasi untuk tidak takut memulai berbuat kebaikan. “Lakukanlah dan kerjakan. Allah akan menyempurnakannya!” Ikhtiar penulis menyusun buku ini tak lepas dari kesyukuran atas “Hadiah dari Sang Guru”. Hadiah bukan dalam arti materi, tapi amanah, kepercayaan, ilmu, dan pengetahuan yang diturunkan oleh sang guru.

Karena itu, buku ini diberi judul Hadiah dari Sang Guru. Ukurannya praktis (tidak besar) dan nyaman dibaca pula (di mana saja). Buku ini adalah buku kedua karya Tarmizi Ashidiq yang bertutur dari kisah-kisah ringan dan apa adanya. Sebagai Direktur Eksekutif Yayasan Daarul Qur’an, Tarmizi adalah mesin yang membuat Program Pembibitan Penghafal Al-Qur’an (PPPA) Daarul Qur’an melesat amat cepat. Kemudian menebar gerakan Rumah Tahfidz yang kini jadi gerakan penghafal Alquran terluas di Indonesia. Tiga tahun terakhir, budaya menghafal Alquran tak lagi jadi hal aneh di Indonesia. Bahkan, jutaan orang tua telah mendorong dan memilihkan jalan hidup putra-putrinya sebagai penghafal Alquran.

Isi buku ini memang cerita ringan-ringan saja, tapi jangan dulu sepelekan urusan yang ringan-ringan. Karena, seperti yang dikisahkan dalam berbagai kitab hadis, gara-gara urusan yang sepele Allah memberi ganjaran pada orang yang melakukannya dengan surga. Seperti, sebuah hadis yang mengisahkan seorang pelacur yang diberi ganjaran surga karena telah menimba air dengan sepatunya untuk memberi minum seekor anjing yang kehausan di padang pasir.

Begitu juga sebaliknya, kita juga tidak boleh menyepelekan soal-soal yang ringan. Karena, “Dosa Besar,” kata Sayyidina Ali ra, “adalah dosa kecil yang disepelekan.” Seperti, kisah perempuan masuk neraka lantaran mengurung seekor kucing hingga mati kelaparan atau bagaimana orang masuk neraka gara-gara membunuh lalat atas nama selain Allah.

Hikmah dari kisah-kisah ringan yang disajikan Tarmizi dalam buku ini tidak lain adalah kedahsyatan sedekah. Baik kisah yang dialaminya sendiri, keluarganya, sahabatnya, maupun orang lain. Bahkan, royalti buku ini pun sepenuhnya disedekahkan sang penulis untuk mendukung Program Dakwah Pedalaman Nusantara, sebagaimana yang pernah disarankan kepadanya untuk mengikuti jejak sang guru.

Banyak sudah buku inspiratif yang sebagian kisahnya realita dibumbui cerita agak dramatis. Namun jika pembaca terinspirasi setelah membaca buku ini, tak lain karena penulis bertutur apa adanya. Jadi, ayo mulailah berbuat sedekah (kebaikan) sekarang juga. “Lakukanlah dan kerjakan. Hakulyakin Allah akan menyempurnakannya!”

Judul : HADIAH DARI SANG GURU: Mengeja Hikmah dari Berkah Hidup Bersama Guru
ISBN : 978-979-055-386-6
Penulis : Tarmizi Ashidiq
Editor : Rina Rianasari
Penerbit : Syaamil Book
Cetakan : Januari 2013
Tebal : 140 halaman
Jenis Cover : Soft Cover
Dimensi : 15 x 15 cm
Kategori : Hikmah/Inspiratif

Bandung, 14 Juni 2013
Suro Prapanca
Dimuat juga pada harian INILAHKORAN, Minggu 16 Juni 2013

No comments: