Sunday, April 14, 2013

Resensi Buku - Website Development Using CMS

Mengelola Web dengan Joomla! dan WordPress 

 Internet sekarang ini telah menjadi dunia baru tempat orang bisa saling bertegur sapa, bekerja, bahkan untuk bermain. Dengan akses yang kian mudah (melalui komputer maupun smartphone) dan aplikasi yang beragam membuat dari waktu ke waktu kian banyak saja orang yang betah berlama-lama di jagat maya ini.

Anda, para peselancar internet, mungkin sudah familier dengan yang namanya situs web (bahasa Inggris: website) atau sering disingkat dengan istilah situs? Web atau situs merupakan sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya.


Pada kesempatan ini, peresensi mengulas sedikit buku dengan judul Website Development Using CMS. Buku yang disusun secara kolektif oleh ahli-ahli IT terkemuka dari Comlabs USDI-ITB, sebuah unit di bawah Divisi Layanan Pengguna Unit Sumber Daya Informasi (USDI) – ITB ini, sangat memperkaya kemampuan Anda dalam membuat web dengan cara yang tepat, terarah, praktis bersama Content Management System (CMS), sebuah cara memberikan kemudahan kepada Anda dalam mengelola dan mengadakan perubahan isi web yang dinamis tanpa harus dibekali kemampuan teknis sebelumnya.

Ini berarti, Penerbit Nuansa Cendekia, yang telah menerbitkan buku ini pada Februari 2013, serius mengerjakannya dengan harapan, siapa saja pembaca yang biasa berhubungan/berselancar di jagat maya dan mengoperasikan web, secara leluasa bisa membuat, menghapus, atau memperbarui isi web tanpa harus campur tangan pihak webmaster.

Kemudahan itu bisa dicontohkan dengan satu sisi, yaitu, karena CMS dalam buku ini —Joomla! dan WordPress—bisa memisahkan antara isi dan desain, tanpa harus khawatir akan konsistensi tampilan. Lain dari itu, CMS juga memberikan kemudahan dalam mengatur atau workflow dan hak akses sehingga pembaca bisa dengan mudah memanfaatkan banyak sumber daya yang bisa mengelola web.

Dengan kata lain, metode pembuatan dan juga pengelolaan web dalam buku ini sangat mudah. Ini merupakan cara praktis yang populer sehingga dapat dikembangkan oleh kalangan pemula sekali pun, terutama yang ingin mengelola web.

Rasa-rasanya, Ratno Putro Sulistiyono dan kawan-kawan sebagai penulis buku ini, sudah berusaha keras menciptakan pedoman yang sungguh praktis, sehingga CMS Joomla! dan WordPress ini patut menjadi pegangan untuk para pengelola web di lingkungan perusahaan, bisnis kecil, maupun bisnis besar, juga di lingkungan pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Bahkan, bisa untuk memajukan promosi para pelaku usaha kecil.

Anda, sidang pembaca, salah satu yang tertarik berlama-lama surfing di jagat maya dan ber-online ria? Tepat sekali bila Anda membaca petunjuk-petunjuk yang dipaparkan para penulis dalam buku ini. Metode pembuatan dan pengelolaan web dalam buku ini sangat mudah, tetapi bukan berarti tidak bermutu. Selamat membaca dan mencoba.

Judul : Website Development Using CMS
ISBN : 978-602-7768-14-7
Penulis : Ratno Putro Sulistiyono, dkk
Penerbit : Nuansa Cendekia Cetakan : Februari 2013
Halaman : 186 halaman
Jenis Cover : Soft Cover
Dimensi : 15,5 x 23,5 cm
Kategori : Komputer

Bandung, 12 April 2013
Suro Prapanca
Dimuat juga di INILAHKORAN, Minggu 14 Maret 2013

2 comments:

Catatan biasa saja said...

wauw, nyari bukunya ah...

Riz said...

Sudah ketemu Mas pencariannya? Insya Allah tersedia di Gramedia dan toko buku terdekat ....