Wednesday, October 3, 2012

INSPIRASI - Asa Bandung Raih Predikat Kota Buku Sejagat

Bandung - Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jawa Barat Anwaruddin mengatakan, kendati Kota Bandung tak dikenal sebagai kota pelajar, namun warga Kota Bandung lekat dengan iklim intelektual.

"Buktinya, ada 22 universitas negeri dan swasta di sini. Jumlah mahasiswa pun semakin banyak setiap tahunnya. Ditambah menjamurnya ratusan penerbit yang menelurkan ribuan judul buku tiap tahun. Kini tercatat ada 179 penerbit resmi terdaftar di IKAPI Jabar," terang Anwar dalam sambutan pembukaan acara Pameran Buku Bandung 2012 di Gedung Landmark, Jalan Braga Kota Bandung, Selasa (2/10).


Berbagai alasan di atas membuat Ikapi Jabar dan panitia tergerak menggelar pameran buku bertema Menuju Bandung Kota Buku Sejagat. Bertepatan pembukaan acara itu, dibentuk juga panitia persiapan meraih predikat Kota Buku Sejagat yang ditargetkan tercapai 2016.

"Di Indonesia baru Kota Bandung yang berniat mewujudkan tekad seperti itu. Kalau di dunia sudah ada Buenos Aires di Argentina, Bangkok, Madrid, dan beberapa kota lainnya," terang Anwar.

Sementara Wali Kota Bandung Dada Rosada saat membuka resmi pameran buku tersebut mengatakan, konsumsi baca buku masyarakat masih harus ditingkatkan. Antara lain menanamkan pemahaman bahwa buku sama manfaatnya dengan kebutuhan pangan, sandang, dan papan.

"Diharapkan penerbit menyajikan buku dengan kualitas memadai dan harga terjangkau. Saya berharap pameran buku kali ini menjadi bagian dari upaya pemeliharaan dan peningkatan kebiasaan membaca, sekaligus menjadi kendaraan yang akan membawa masyarakat menuju kualitas hidup lebih baik," harapnya. (evi damayanti/rey)

No comments: