Monday, August 6, 2012

Resensi Buku - Unforgettable Love

Cinta Sejati Tak Terlupakan

Awalnya, saya sudah mengira, novel ini mungkin akan menarik seperti cerita bila menonton serial televisi Korea yang ditayangkan di televisi swasta di Indonesia. (Walaupun novel ini berasal dari Cina daratan bukan Korea –barangkali ada kemiripan budaya). Ternyata dugaan itu tidak meleset!

Novel dengan tebal 588 halaman yang diterjemahkan dari bahasa Mandarin dan diberi judul Unforgettable Love (Cinta Sejati Tak Terlupakan) ini berlatar tentang dunia reporter hiburan dan dunia hiburan.


Adalah Zhuo Xiao Bing, perempuan yang bekerja di sebuah majalah. Perjalanan kariernya sebagai pemburu berita hiburan diam-diam membawanya masuk lebih dalam di industri yang gemerlap itu. Mula-mula dia hanya membantu seseorang dari masa lalunya memenangi kontes pencarian bakat. Namun, kemudian dia malah terjerumus ke pusaran asmara yang melibatkan dirinya dengan Ji Si Nan, artis tampan dan tersohor di Cina, serta Tang Zeng Heng, anak terbuang yang menjadi ahli waris perusahaan media dan hiburan terbesar di Cina.

Mereka bertiga terjerat dalam persaingan dunia hiburan yang kejam dan penuh persekongkolan besar. Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa berita gosip dunia hiburan selalu membingungkan, sulit membedakan asli dan palsu. Membaca novel ini, Anda akan menemukan rahasia yang menakjubkan, alur cerita yang saling berkaitan –sungguh mengagumkan! Anda harus membaca novel ini sampai selesai dengan sabar bila ingin membuktikannya. Apalagi, pembaca yang tidak familier dengan nama-nama orang Cina, mesti mengeja nama tersebut dengan jari tokoh-tokoh novel yang ada dalam novel ini satu per satu agar bisa merunut cerita demi cerita sehingga Anda tidak tertukar untuk mengenali nama-nama tokoh tersebut. Di samping itu, juga kesulitan membedakan apakah tokoh tersebut laki-laki atau perempuan bila tidak cermat membacanya.

Di dalam kisah yang sepertinya nyata sekaligus penuh imajinasi ini, di bagian pertama novel ini Anda akan mengira sang tokoh utama Zhuo Xiao Bing telah mendapat kebahagiaan. Namun, tiba-tiba segala hal baik yang berada di depan matanya hilang begitu saja, diikuti dengan kekecewaan dan penyesalan. Kepribadiannya yang gigih tumbuh seiring dengan kedewasaannya. Sang tokoh utama terperangkap di dunia hiburan yang seperti tempat bersarangnya kekuatan jahat memberi dia dua orang lelaki yang hangat, tetapi juga membuat dia terlempar ke iblis neraka. … yang satu berhubungan erat dengan yang lain, dari awal hingga akhir tak bisa melarikan diri dari jebakan nasib.

Banyak orang mendambakan dunia hiburan yang serba gemerlapan menarik perhatian orang, tapi bila dilihat lebih cermat malah akhirnya terdapat banyak liku dan keanehan. Novel ini mungkin hanya menyampaikan sebuah cerita, tetapi justru membuat kita melihat sekilas dunia yang berwarna-warni itu dari balik layar. Tidak ada akhir yang bahagia atau tidak sempurna. Terhadap kehidupan yang tidak bahagia, akhir cerita yang sempurna mungkin merupakan obat yang menyembuhkan jiwa. Namun, karena tidak sempurna, pembaca buku ini mungkin akan lebih merasakan sesuatu yang nyata.

Tidak ada kebenaran dalam dunia hiburan. Yang ada hanya saling memanfaatkan dan saling menipu. Benarkah?

Judul : Unforgettable Love
Diterjemahkan dari : There is a Love Called Unforgettable
Penulis : Tang Xiao Lan
Penerjemah : Christanti Yuliana
Diterbitkan : Penerbit PT Serambi Ilmu Semesta
Cetakan I : Juni 2012
Jumlah Halaman : 588 halaman
Jenis Cover : Soft Cover
Dimensi : 130 x 205 mm
ISBN: 978-979-024-391-0
Kategori : Novel

Bandung, Jumat 3 Agustus 2012

Dimuat juga di INILAHKORAN, Minggu 5 Agustus 2012

No comments: